Bhineka Eka Bhakti Samodra
Korps Alumni P3B
Home

60 Lebih Dosen PIP Ikuti Bimbingan Teknis Sertifikasi Dosen Lanjutan

 

Semarang, 12 Mei 2011

60 orang lebih Dosen dan Tenaga Pengajar di lingkungan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang mengikuti Bimbingan Teknis Sertifikasi Dosen Lanjutan di Ruang Sidang Besar, PIP Semarang pada Kamis, 12 Mei 2011. Acara Bimbingan Teknis yang diselenggarakan Biro Kepegawaian Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan PIP Semarang ini mengundang narasumber Prof. Dr. Ir. Yanuar Syah Haroen dari Tim Sertifikasi Dosen Kementerian Pendidikan Nasional, dengan didampingi Tim Biro Kepegawaian Kemenhub yang dipimpin oleh Kepala Bagian Pengembangan Kepegawaian Biro Kepegawaian Kemenhub H. Nasyiruddin, SH. M.Si serta Kepala Bagian Kepegawaian BPSDM Perhubungan Drs. Surya Irianta.

Pembantu Direktur I PIP Semarang, Drs. Edy Warsopurnomo, MM. M. Mar E, dalam sambutan pembukaan acara mewakili Direktur PIP Semarang menyatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengusulan sertifikasi dosen. Edy menjelaskan, dengan sertifikasi dosen, maka dosen di PIP Semarang akan mendapatkan pengakuan dan perlindungan sebagai tenaga professional jenjang pendidikan tinggi. “Kiranya kami semua dapat dibimbing untuk dapat mengisi formulir yang sudah dibagikan, dan tujuan sertifikasi ini dapat terlaksana, tercapai, sebagai perlindungan sekaligus kesejahteraan dosen dapat terwujud bagi kita semua,” kata Edy.

Dalam kegiatan ini, dosen dan tenga pengajar di lingkungan PIP Semarang dibimbing untuk membuat Deskripsi Diri dan Curriculum Vitae sebagai syarat dari sertifikasi dosen.

Selanjutnya, dalam sambutannya Nasyiruddin menjelaskan, dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen diamanatkan bahwa sertifikasi untuk dosen wajib dilaksanakan. Disebutkan Nasyiruddin bahwa Kementerian Perhubungan terus berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan Nasional agar para dosen dan tenaga pengajar di sekolah-sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan untuk mendapatkan Sertifikat Dosen. Nasyiruddin menambahkan, saat ini Kemenhub memiliki 8 Sekolah Kedinasan, baik itu Sekolah Tinggi, Akademi, maupun Politeknik, yaitu Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) di Jakarta, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) di Bekasi, Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) di Medan, Surabaya, Makassar, serta Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) di Semarang dan Makassar.

Nasyiruddin melanjutkan, dosen di lingkungan Kemenhub yang diusulkan untuk disertifikasi ke Diknas tahun 2011 sebanyak 388 orang. “Rinciannya adalah, 99 orang Lektor Kepala, 211 orang Lektor, dan 78 orang asisten ahli. Nominative ini sudah ada di diknas seluruhnya,” kata Nasyiruddin.

Sebelumnya, pada 18 Maret 2011 lalu, telah dilaksanakan sosialisasi Sertifikasi Dosen dengan peserta dosen dan tenaga pengajar di lingkungan PIP Semarang di gedung Auditorium PIP Semarang. Acara Sosialisasi ini mengundang dua narasumber guru besar UNDIP Prof.Dr.Ir Darmanto Ys, M.Sc, dan Prof Dr.Ir.Vitus Dwi Y, BL, MS, Msc.

Sertifikasi Dosen merupakan standard mutu yang tetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) yang diwajibkan untuk seluruh Dosen atau pengajar di bawah naungan Diknas, guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia. Pendidik wajib memiliki sertifikat pendidik guna peningkatan kualifikasi kompetensi dalam rangka peningkatan profesionalisme. (YFA)

Update 23/5/2011
created by information technology Unit PIP semarang©2011