Bhineka Eka Bhakti Samodra
Home

 

TARUNA/I PIP SEMARANG IKUTI SELEKSI CADET PROLA BERLIAN LAJU TANKER

(Kamis, 07/07/11) Sekitar 90 orang Taruna/i dari jurusan Nautika dan jurusan Teknika, Semester II Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang mengikuti seleksi cadet oleh PT Karya Bakti Adil (KBA), agensi pelaut nasional yang merupakan anak perusahaan dari PT. Berlian Laju Tanker Tbk di Auditorium PIP Semarang, Rabu, 7 Desember 2011.

 

Seleksi kali ini merupakan seleksi tahap kedua, dimana peserta melaksanakan tes tertulis, yang meliputi pengetahuan pelayaran tergantung jurusannya masing-masing, Nautika atau Teknika, serta tes Bahasa Inggris. Selanjutnya peserta seleksi harus mengikuti tes wawancara yang terdiri dari Latar Belakang, aspirasi, pendidikan, cita-cita, psikologi, dan keahlian, yang akan dilaksanakan pada hari yang sama.

 

Fachry Faridh, Crew Training Supervisor KBA menyatakan, para peserta seleksi tahap kedua ini merupakan peserta yang sudah lolos seleksi tahap pertama berupa seleksi administrasi yang meliputi persyaratan nilai IPK dan tugas yang diberikan secara online lewat internet.

 

Selanjutnya Fachry menjelaskan, untuk seleksi cadet kali ini, KBA akan mendistribusikan 58 pasang peserta (masing-masing untuk jurusan Nautika dan Teknika sebanyak 58 orang) yang telah lolos seleksi akhir kepada 3 (tiga) perusahaan pelayaran dalam naungan PT. Berlian Laju Tanker Tbk, yaitu GBLT Shipmanagement Pte Ltd Singapura 37 pasang, Gold Bridge Shipping Ltd. Hong Kong 4 pasang dan PT. GBLT Jakarta 17 pasang.

 

“Untuk mendapatkan 58 pasang calon cadet ini kami melakukan rekrutmen pada 3 sekolah pelayaran negeri, yaitu STIP Jakarta, PIP Semarang, dan PIP Makassar. Sistem seleksi yang digunakan menggunakan angka absolute, bukan relative masing-masing sekolah. Yang bagus diambil. Apabila quota yang dibutuhkan belum terpenuhi,.baru kami tawarkan seleksi untuk sekolah pelaut swasta,” jelas Fachry.

 

Fachry melanjutkan, cadet yang lolos seleksi akan mengikuti Prala (Praktek laut) selama selama 12 (dua belas) bulan secara berturut-turut, dimulai sejak Agustus 2012 atau saat para taruna tersebut pada semester V dan VI (Tingkat III). Saat berlayar, pada cadet mendapat fasilitas berupa uang saku, makan 3 kali sehari, dan asuransi.

 

Kedisiplinan Cadet Dalam Prala

Selanjutnya Fachry menyatakan harapannya pada cadet yang mengikuti Prala untuk menjaga perilakunya serta menunaikan tugas mereka mengisi dan menyelesaikan Task Record Book (TRB) atau Cadet Record Book. Acapkali terjadi pada semua taruna baik dari sekolah negeri maupun swasta yang menganggap tugas di kapal sebagai tempat wahana bermain, atau rekreasi kunjungan berlayar untuk bersenang-senang.

 

“Mereka di atas kapal itu untuk belajar dan bekerja bersiap diri menjadi perwira di masa yang akan datang, Jangan cuma main-main, dan tidak mengerjakan Task Record Book yang dikirm dari kampus. Kami dari BLT akan keras, karena kita berkompetisi bukan hanya dengan perusahaan lokal saja, tapi mendunia. Kita sama dengan perusahaan NYK, Anthony Feeder, dan perusahaan asing lain. Kapal kami bekerja keliling dunia, makanya standarnya nggak boleh lokal, tapi dunia,” tegas Fachry.

 

PT. Berlian Laju Tanker Tbk merupakan sebuah perusahaan pelayaran multinasional yang berpusat di Jakarta, Indonesia. Muatan kapal perusahaan ini berupa minyak, bahan kimia, dan gas. Cakupan area kerjanya meliputi Indonesia, Timur Tengah, dan sejumlah Negara lain di dunia. PT BLT memiliki 98 kapal, dan rencananya pada tahun 2012 akan menambah kapal lagi sebanyak 3 (tiga) buah.

 

Update 08/12/2011
created by humas pip semarang © 2011