Bhineka Eka Bhakti Samodra
Home

 

UPACARA BON VOYAGE PERWIRA PELAYARAN NIAGA PROGRAM DIKLAT PELAUT ANGKATAN XXII

(Semarang, 14/10/2011) Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang Capt. Bambang Purnomo, M.Mar memimpin Upacara Bon Voyage 405 orang Perwira Pelayaran Niaga Program Diklat Pelaut Angkatan XXII PIP Semarang pada Jum’at, 14 Oktober 2011 di Plaza PIP Semarang.

Perwira Siswa yang telah menyelesaikan pendidikan adalah sebanyak 405 orang yang terdiri atas 199 orang dari Program Studi Nautika dan 206 orang dari Program Studi Teknika. Secara lebih rinci lagi adalah Tingkat Ijazah Ahli Nautika Tingkat II sebanyak 72 orang, Tingkat Ijazah Ahli Nautika Tingkat III sebanyak 51 orang, Tingkat Ijazah Ahli Nautika Tingkat IV sebanyak 76 orang, Tingkat Ijazah Ahli Teknika Tingkat II sebanyak 83 orang, Tingkat Ijazah Ahli Teknika Tingkat III sebanyak 51 orang, dan Tingkat Ijazah Ahli Teknika Tingkat IV sebanyak 72 orang.

Dalam sambutannya Direktur PIP Semarang menyatakan bahwa upaya meningkatkan peranan transportasi laut yang handal perlu dibarengi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan harus disadari sepenuhnya kondisi kesiapan sumber daya manusia yang ada saat ini. Oleh karena itu, secara terus menerus harus dilaksanakan upaya peningkatan kemampuan dan kualitasnya melalui berbagai pendidikan dan pelatihan guna menghasilkan sumber daya manusia yang berwawasan ke depan, dinamis dan tanggap serta siap menghadapi segala tantangan. “Sebagaimana yang telah kita saksikan bersama, Bon Voyage 405 orang Perwira Pelayaran Niaga Program Diklat Pelaut yang telah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang dengan harapan mereka nantinya akan mampu mengaktualisasikan diri menjadi para Perwira Pelayaran Niaga yang prima (gunawisista), profesional (nimpuna) dan beretika (sistacara),” kata Direktur PIP Semarang.

Senada dengan hal tersebut, dalam Laporan Pendidikan Kepala Sub Bagian Administrasi Akademik yang dibacakan oleh Kepala Urusan Program Akademik F. Pambudi Widiatmaka, MT dinyatakan bahwa seluruh peserta diklat tersebut telah mengikuti proses pembelajaran selama 9 bulan ( 2 semester ), teori dan praktek dengan mengacu pada kurikulum STCW 78 beserta amandemennya, sehingga memenuhi kompetensi standar international dan mereka telah mengikuti ujian keahlian pelaut (kompetensi) periode Juli 2011.

 

Update 15/10/2011
created by humas pip semarang © 2011